Kenapa Saya Memilih Pramuka ?

Selamat sore sahabat muda, Salam Pramuka!! . Sudah terasa sedikit menggelitik perut ini karena waktu telah menunjukkan pukul 3 sore. Dimana biasanya pada jam-jam ini lah rasa lapar mulai semakin terasa di saat puasa seperti ini. Tapi harus tetap semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari, dan tentunya aktivitas yang positive.


Pada artikel saya kali ini saya ingin membahas tentang pertanyaan banyak orang kepada saya, teman, saudara, keluarga, tetangga bahkan orang lain . Yaitu pertanyaan " Kenapa saya memilih ekstrakulrikuler Pramuka? ". Pertanyaan ini sering ditanyakan kepada saya sejak pertama kali saya mengikuti organisasi pramuka ini , yaitu saat masih duduk di SMP atau biasa disebut Pramuka Penggalang. 


Sebenarnya ini hanya pertanyaan sederhana, tetapi banyak sekali orang (khusus nya orang Indonesia) yang memandang Organisasi Pramuka dari satu sisi. Banyak orang diluar pramuka yang pandai mendefinisikan organisasi ini dengan pendapat mereka masing-masing tanpa mengetahui fakta sebenarnya dan tanpa mengetahui manfaat dan fungsi yang sebenarnya. Ada yang berkata pramuka hanya lah organisasi untuk senang-senang saja, ada juga yang berpendapat, hanya anak-anak kecil yang mau mengikuti Pramuka, dan ada juga yang berpendapat pramuka hanya kegiatan mengenal alam dengan melakukan perkemahan (camping).

Sekali lagi saya katakan, kebanyakan yang berpendapat seperti itu adalah orang-orang diluar pramuka dan yang belum pernah sama sekali masuk kedalam organisasi pramuka atau hanya pernah mengikuti di bangku sekolah dasar yang biasa disebut Pramuka Siaga. Mungkin karena kebanyakan hanya melihat dari sisi Pramuka Siaga, membuat banyak orang berfikiran bahwa setiap jenjang pramuka itu sama saja aktivitas nya, yaitu bernyanyi, tepuk tangan, berkemah, bermain-main. Namun pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara lebih rinci kepada orang-orang awam tentang fungsi pramuka yang sebenarnya dan manfaat pramuka yang sebenarnya. 


Seiring dengan jalannya waktu, saya pun beranjak menjadi siswa SMK dan tetap mengikuti Pramuka. Dan disini lah pertanyaan-pertanyaan tentang pramuka sering menghampiri saya. Kita bahsa satu persatu,

Ada yang bertanya pada saya, Apa sih pramuka itu ? . Dan jawaban saya , Pramuka adalah salah satu organisasi / gerakan pandu yang mengajak dan mengajarkan kita untuk membentuk jati diri seseorang dan mengubah nya menjadi lebih positive dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan.

Kedua , banyak teman yang bertanya. Apa kamu tidak malu mengikuti organisasi yang hanya bisa bernyanyi, tertawa, tepuk tangan dan berkemah? . Jawaban saya, " Jelas tidak, karena yang anda katakan adalah salah. Pramuka tidak hanya dipenuhi dengan kegiatan bersenang-senang, tapi juga dengan kegiatan yang lebih positive, yaitu pembentukan karakter, pembelajaran tentang ilmu pramuka yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, melatih mental, melatih kesederhanaan hidup, kekeluargaan, kepemimpinan, dan masih banyak kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pembentukan karakter".




Ketiga, seorang teman bertanya lagi kepada saya. Apa yang telah kamu dapat setelah tiga tahun di pramuka Siaga( SMP) dan 3 tahun di penegak (tingkat SMA)? . Jawaban saya, " Kamu lihat seperti apa pribadi saya 5 tahun lalu, dan kamu lihat seperti apa pribadi saya saat ini , itu sudah menjawab banyak hal dari pertanyaan yang lontarkan." Mengapa saya berkata seperti itu, karena yang bertanya adalah teman dekat saya sejak kelas 1 SMP, dimana saat itu adalah masa labil , bahkan mungkin bisa dikatakan bandel meski masih terarah, kami bersama-sama bersikap tidak displin, para senior saya dipramuka juga pasti ingat itu, saya dulunya orang yang terlalu banyak membantah perkataan senior dan masih sering melanggar tata tertib sekolah. Namun saat ini semua bisa melihat perbedaan yang signifikan dari diri saya, seorang pribadi yang dingin dan tidak terlalu banyak mengeluarkan kata - kata yang tak perlu , meski masih banyak kekurangan namun setidak nya saya sudah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelum nya, lebih disiplin dan tetap berjalan sesuai jalur yang benar.

Pertanyaan berikutnya, Kenapa Kamu memilih Pramuka? . Jawaban saya, " Karena Pramuka tidak hanya mengajarkan satu pokok pembelajaran, misalnya tidak hanya mengajarkan baris-berbaris, tidak hanya mengajarkan kepemimpinan dan kedisiplinan, atau yang lainnya, namun pramuka bagi saya adalah satu kesatuan dari seluruh ekstrakurikuler pembentukan karakter yang mengajarkan mulai dari Keimanan terhadap Tuhan Yang maha Esa sesuai agamanya masing-masing, keorganisasian, kepemimpinan, kedisiplinan, baris-berbaris, saling menghormati satu sama lain, menumbuhkan rasa nasionalisme, kekeluargaan, kesederhanaan, persaudaraan, dan persahabatan yang kekal. " . Jelas ini adalah satu organisasi yang lengkap pembelajarannya, jadi tidak ada alasan bagi saya memilih organisasi lain.

Alhamddulillah, untuk itu saya merasa harus berterima kasih kepada Pramuka dan seluruh komponen didalamnya, karena awal pribadi saya terbentuk adalah dari organisasi ini. Terima kasih buat semua pembina saya dari SMP Muhammadyah 50 dan Pramuka SMK Negeri 9 Medan Ambalan Teuku Umar Cut nyak Dhien . Terima kasih kepada Ayahanda Erwin malay, Kak Disty Nuaridho, Kak Febriyanto, Ibu Evi Habibi , dan seluruh kakak-kakak senior (Kk Intan, Kk Winda, Kk Evi, Kk Yanti, Kk ezmi,dan kakak-kakak yang lain yg tidak bisa disebutin satu persatu ), serta teman-teman seperjuangan (Dedek Yusuf, Zulfikar, Bayu Primantara,Zulfadlan,Syarif,Riski Syaftia Agustina, Disty Restari, Murniyati, Muliyanti, Suci,dan teman-teman yang lain), dan adik-adik saya di pramuka .Terima kasih atas semua yang kalian berikan untuk saya, Pramuka , Sekolah, dan Indonesia. Mohon maaf atas segala kesalahan perilaku mau pun ucapan yang pernah saya ucapkan.


Untuk seluruh anak pramuka di Indonesia, tidak usah malu menjadi pramuka , teruslah belajar, tumbuhkanlah rasa nasionalisme dalam diri kalian, dan banggalah menjadi anak pramuka karena sesungguhnya kita memiliki nilai plus tersendiri sebagai putra Indonesia. Semoga Allah SWT melindungi dan memberikan hidayahnya kepada kita semua. Amin . Salam Pramuka





--== Ghandi Mohammad ==--



Ghandi Mohammad

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, segala kritikan dan saran akan saya terima dengan senang hati asalkan terhindar dari kata-kata yang mengandung unsur porno, sara, dan kata-kata yang tidak menyenangkan.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Instagram