Indah Nya Rasa Toleransi Beragama

Disore hari yang hujan ini, sedikit saya posting sebuah artikel yang mungkin juga masih berhubungan dengan kata "damai" dan "cinta" seperti postingan sebelumnya yang berjudul "Jika Di dunia Hanya Ada Rasa Cinta Dan Damai". Namun kali ini saya akan lebih dalam menelisik ke sisi religius umat manusia yaitu agama.  

Setiap manusia yang terlahir di dunia , sudah ditetapkan apakah dirinya seorang muslim (islam) , kristiani, hindu, buddhis, konghucu, atau agama lainnya. Tidak ada satu orang pun yang bisa memilih agama yang diinginkan sebelum lahir ke muka bumi ini. Lalu pertanyaan nya, agama siapa yang paling benar??  

Saya rasa setiap agama mengajarkan kita untuk saling berbuat kebaikan, kebenaran, dan saling mengasihi sesama makhluk hidup. Semua tuhan dari agama manapun melarang kita untuk berbuat kejahatan , melarang kita mengotori diri dengan dosa. Adakah diantara anda sekalian yang diperintahkan agamanya untuk berbuat kejahatan? saya rasa tidak. Semua agama mengenal kata "surga" dan "neraka" ,  mengenal kata "pahala" dan "dosa" . hanya saja cara beribadah dan Tuhan dari setiap agama itu  berbeda. Namun mengapa kita saling ribut tentang agama? mengapa seolah sulit untuk saling bertoleransi? mengapa seolah kita adalah Tuhan yang bisa menghakimi  orang lain?

Pertanyaan kedua, jika anda sudah melakukan kebaikan yang telah diperintahkan oleh Tuhan dari agama anda masing-masing,serta menjauhi segala larangan nya,  apakah anda akan berdosa dan masuk neraka karena tidak menyembah Tuhan yang sebenarnya? . Padahal dari lahir anda sudah diberi keyakinan bahwa Tuhan yang benar adalah Tuhan dari Agama anda masing-masing. Apakah dengan merendahkan agama lain dari pada agama anda dengan maksud membela agama yang anda anut, anda bisa masuk surga? ada yang bisa menjamin? 

Semua agama  memiliki bukti  dan mengikuti dari cerita orang terdahulu bahwa Tuhan yang kita sembah itu memang benar adanya. Contoh : umat kristiani memiliki sejarah dan bukti bahwa Tuhan Yesus itu adalah Tuhan bagi umat kristiani . Begitu juga umat islam, islam juga memiliki bukti dan sejarah bahwa Nabi Muhammad SAW adalah rasul Allah yang membawa ajaran islam dan memiliki bukti bahwa Allah SWT itu adalah Tuhan bagi umat islam. Begitu juga agama-agama lainnya. Apakah ada diantara kita yang tau siapa dari pendahulu kita yang berbohong atau mengumbar sejarah dan bukti palsu? . Adakah yang tau siapa yang paling benar? sebab kita juga belum lahir disaat agama-agama pertama kali di berikan oleh Tuhan.  

Setiap orang , termasuk saya sendiri pastinya mengimani dan mempercayai dengan kuat bahwa orang-orang terdahulu di agama kita masing-masing adalah yang paling benar dan agama yang kita jalani adalah agama yang benar . Lalu jika , sekali lagi saya katakan "jika" ada diantara orang-orang terdahulu kita adalah "salah" dan penyebar sejarah bohong, serta "jika" agama anda salah, apakah anda akan masuk neraka meskipun selama didunia anda sudah melakukan segala hal kebaikan dan hal yang diperintahkan Tuhan, serta menjauhi larangan nya.  Semua itu tidak akan bisa dan tak akan pernah bisa terjawab oleh siapapun kecuali Tuhan yang menciptakan alam semesta beserta isinya ini. 


Maksud dari artikel saya ini adalah, agar kita para manusia umat beragama, tidak saling menjatuhkan dan menjelek-jelekkan agama orang lain. Toh sebagus apapun kita, tidak ada diantara kita yang bisa menjawab pertanyaan saya tadi, dan tidak ada yang bisa menjamin apakah anda bisa masuk surga. Yang harus kita lakukan adalah menjalani apa yang telah ada dan diberikan oleh Tuhan masing-masing, saat kita dilahirkan dengan Agama islam, kristen, hindu buddha atau sebagainya, maka jalani lah dengan baik tanpa harus menghujat agama lain, tanpa ada rasa perbedaan agama, tanpa harus saling menjatuhkan agama lain, yang membedakan diri kita adalah sikap dan perilaku dari masing-masing individu, dan apakah anda tidak pernah berfikir dengan menjelekkan , menghina, atau bahkan berperang hingga membunuh  orang lain karena perbedaan itu adalah perbuatan dosa dan Tuhan tidak menyukai hal itu. Hal ini lah yang membuat Tuhan murka dan  memberikan bencana pada bangsa ini, karena kita tidak saling menghargai satu sama lain. 

Karena tidak ada juga Tuhan yang menyarankan kita untuk saling bertikai bahkan  membunuh manusia dari agama lain? anak kecil juga tau bahwa itu adalah perbuatana dosa, dan yang melakukan pasti akan masuk neraka.

Mari kita tumbuhkan sikap toleransi beragama, saling menghargai satu sama lain, bersatu membangun bangsa ini, sebab yang menentukan kita salah atau benar adalah Tuhan, bukan diri kita sendiri, maka berbuatlah dan beribadahlah dengan baik di agama-agama nya masing-masing. Berhenti tuk saling menyakiti, membakar rumah ibadah, mengadu domba sesama umat beragama, dan jangan terprovokasi oleh keadaan . Saling berpegangan tangan dan bersama maju kedepan, itu adalah hal yang lebih baik dimata Tuhan. karena dengan menyingkirkan segala  perbedaan dan menciptakan perdamaian, segala perilaku kejahatan pasti sirna dari dunia ini dan kita semua akan merasakan hidup yang damai.

Saya mohon maaf atas segala pernyataan atau perkataan yang salah, kepada Tuhan Yang Maha Esa saya mohon ampun. Semoga Tuhan Memberkati kita semua. Amin Ya Robbal Alamin.


Ghandi Mohammad.











Ghandi Mohammad

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, segala kritikan dan saran akan saya terima dengan senang hati asalkan terhindar dari kata-kata yang mengandung unsur porno, sara, dan kata-kata yang tidak menyenangkan.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Instagram