Mesjid Datuk Badiuzzaman, Peninggalan Terakhir Kerajaan Sunggal ?

Jumat, 29/07/2016 (Medan Motovlog) . Datuk Badiuzzaman Sri Indera Pahlawan Surbakti merupakan raja sunggal ke IX yang diangkat menjadi raja pada tahun 1866 -1895 . Beliau di kenal saat memimpin perang sunggal. Yang tercatat sebagai salah satu perang yang terhebat pada masa itu hingga membuat kolonial Belanda kewalahan.

Kisah kerajaan Sunggal ini jarang terdengar di telinga. Mungkin sama seperti saya, masih banyak warga medan lainnya yang belum mengetahui tentang sejarah kerajaan sunggal ini . Karena memang tidak banyak peninggalan dari kerajaan sunggal tersebut, hanya lah sebuah mesjid yang dibangun pada tahun 1885 oleh Datuk Badiuzzaman Surbakti .

Mesjid ini masih berdiri kokoh di Jl.Pdam Sunggal , tepat di sebelah gedung PDAM Sunggal. Saya sendiri sangat sering melewati jalan ini, tapi tidak pernah tahu bahwa disini terdapat bangunan bersejarah.  Ingin sekali rasanya mengetahui lebih dalam tentang kerajaan sunggal, dan mendapatkan bukti sejarah lain yang masih tersisa.

Sayang sekali, waktu itu sang juru kunci Mesjid yang biasa dipanggil "Atok" oleh warga setempat, sedang tidak berada di mesjid. Dikarenakan hari itu adalah hari jumat, biasanya atok pulang kerumah selepas ba'da jumat . Kebetulan saya datang nya saat ba'da Ashar. Ya, mungkin lain waktu saya akan kembali dan berbincang-bincang dengan atok. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa mesjid ini merupakan peninggalan terakhir dari kerajaan Sunggal, namun siapa yang tahu, mungkin suatu hari kita bisa menjumpai jejak sejarah lainnya . ~Ghandy November

Ghandi Biru

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, segala kritikan dan saran akan saya terima dengan senang hati asalkan terhindar dari kata-kata yang mengandung unsur porno, sara, dan kata-kata yang tidak menyenangkan.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Instagram