Sisa Cerita Di Pulau Weh Sabang

Beberapa bulan yang lalu, tepatnya hari sabtu-minggu tanggal 14-15 july 2012. Saya bersama abang saya berkunjung ke salah satu pulau di Indonesia yang memiliki eksotika dan keindahan wisata alam nya, yaitu Pulau Weh (sabang). Yap benar sekali, pulau yang terletak di bagian paling ujung barat Indonesia, dan merupakan titik awal perhitungan wilayah Republik Indonesia.

Cara berangkat kesabang ;
Sebelum sampai ke  Sabang, anda harus naik kapal laut terlebih dahulu melalui pelabuhan Uleu-lheu Banda Aceh. Di pelabuhan ini hanya ada dua kapal penumpang yang bisa mengantar anda ke Pelabuhan Balohan Sabang, yaitu kapal cepat dan kapal lambat.

Harga tiket dan keberangkatan ;
 Tiket kapal lambat / orangnya sekitar 17-25 rbu (tergantung hari), dan kapal cepat sekitar 70an rbu , apabila membawa kendaraan biaya ditambah seharga 25 ribu hingga 30 ribu rupiah. Kapal berangkat dua kali sehari saat hari libur dan weekend, yaitu sekitar pukul 10.00 dan pukul 02.00. Dan hanya berangkat satu kali sehari pada hari-hari biasa yaitu saat pagi hari.

Perjalanan ;
Perjalanan dari Banda Aceh menuju sabang sekitar 1 setengah jam apabila menggunakan kapal lambat. Tapi apabila menggunakan kapal cepat, hanya membutuhkan waktu 45 menit untuk sampai ke Pulau weh. Ditiket anda sudah tertera nomor tempat duduk anda, jadi ketika masuk kapal, langsung saja  naik tangga menuju lantai dua dan carilah kursi anda.

Namun jika anda ingin melihat pemandangan laut dari atas kapal, apabila anda menaiki kapal lambat anda juga diperbolehkan untuk naik ke areal luar bagian atas kapal. Dari atas anda bisa melihat betapa indahnya lautan di Indonesia ini. Tapi buat yang mabuk laut, sebaiknya stay aja di kursi penumpang, karena kalau diatas kemungkinan akan lebih mabuk.  Oke ini lah foto-foto saat dalam perjalanan hingga sampai ke pelabuhan Balohan Sabang :








Tujuan Wisata utama saya saat disabang tentunya  Tugu titik 0 Km, dari titik ini lah awal perhitungan wilayah Indonesia. Berikut foto-fotonya :






Tujuan wisata selanjutnya adalah Pantai Iboih yang masih satu jalan dari tugu 0 km. Dipantai ini, anda akan disuguhkan dengan keindahan bawah laut yang mengagumkan, air laut di pinggiran pantai saja sudah jelas terlihat perpaduan warna biru laut dan hijaunya karang yang bisa terlihat dengan mata telanjang. Bagi yang suka diving atau snorkling, bisa sewa peralatannya dan anda akan diantar ketengah lautan untuk menyelam melihat keindahan biota bawah laut pulau weh.






Lanjut ketempat ketiga, masih wisata pantai. Kali ini pantai yang gak kalah indahnya dengan pantai Iboih, yaitu pantai Sumur tiga. Di deretan setiap tangga masuk ke pantai ini terdapat 3 buah sumur tua. Mungkin karena ini kali ya dinamakan dengan sumur tiga. cekidot foto-foto nya.






And the last, tujuan kita adalah tempat bersejarahdi pulau ini. Yaitu benteng bekas tentara jepang yang dulu pernah menjajah Indonesia. Gile ya orang-orang jepang itu , menjajah hingga keseluruh pelosok neger termasuk di pulau weh (sabang) ini. Dan tempat dibangunnya benteng ini cukup strategis karena terletak diatas bukit di sekitaran laut lepas atau bisa dikatakan salah satu ujung dari pulau weh.








Ya itulah jejak-jejak kaki saya di pulau weh sabang. Sebenarnya masih banyak sih tempat keren yang bisa dikunjungi di pulau ini, tapi waktunya gak sempat karena saya cuma dua hari aja di sana. Semoga agan-agan sekalian yang belum pernah kesana bisa segera kesana ya, dijamin gak nyesel. Buat apa habisin uang banyak-banyak keluar negeri tapi wisata di negeri sendiri tidak dihargai, padahal banyak turis asing yang mengagumi potensi alam Indonesia. Thanks for reading guys, nih ada bonus foto-foto saya di perjalanan setelah dari benteng jepang.








Ghandi Biru

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, segala kritikan dan saran akan saya terima dengan senang hati asalkan terhindar dari kata-kata yang mengandung unsur porno, sara, dan kata-kata yang tidak menyenangkan.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Instagram