WISATA ALAM AIR TERJUN TONGKAT (PELARUGA)

Sebenarnya ini postingan lama, tapi baru sempat saya ulas karena beberapa bulan yang lalu masih sibuk skripsian. Jadi wisata alam ini mulai populer di sumatera utara sejak awal tahun 2014. Dimana orang-orang pada kepo dengan wisata alam yang baru ditemukan ini. Banyak yang menyebutnya wisata pelaruga, tapi jangan salah dulu, pelaruga itu hanyalah nama kelompok pemandu wisatanya. pelaruga merupakan pencetus awal yang mempopulerkan wisata di daerah Rumah galuh Binjai ini. 

 Ditempat ini ada tiga tempat wisata, mulai dari yang paling atas yaitu Air terjun Tongkat, kemudian agak menurun sedikit ditengah hutan disebut Danauh abadi atau kolam abadi . Disebut begitu karena suasana yang masih asri dan warna air kolam yang selalu jernih kebiruan yang dihasilkan dari sumber-sumber mata air dari bebatuaan dinding-dinding kolam. Dan yang ketiga yaitu Air terjun Teroh-teroh, dalam bahasa karo kata "Teroh" berarti "bawah". Ya karena memang lokasinya berada dipaling bawah. 

Untuk mencapai ke spot yang dipandu oleh Pelaruga menghabiskan waktu sekitar dua jam dari Medan. Dari Medan menuju Binjai, lalu ke Desa Namu Ukur, dan berakhir di Desa Rumah Galoh. Di sepanjang Desa Rumah Galoh akan banyak jasa ranger yang menwarkan jasanya di tepian jalan, ada banyak sekali kelompok ranger disini, misalnya yang paling populer ada pelaruga tentunya, dan yang lainnya seperti petar. Untuk biaya menyewa ranger dikenakan sebesar 30.000-35.000 per orangnya. Berikut ini beberapa foto saya ketika berkunjung kesana. 








Ghandi Biru

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, segala kritikan dan saran akan saya terima dengan senang hati asalkan terhindar dari kata-kata yang mengandung unsur porno, sara, dan kata-kata yang tidak menyenangkan.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Instagram